Skip to main content

4 Jenis Beasiswa Pascasarjana Luar Negeri

Berikut 4 jenis Beasiswa Pascasarjana Luar Negeri yang bisa menjadi pertimbangan kamu ketika ingin kuliah di Luar negeri:

1. Fulbright beasiswa

Beasiswa fulbright adalah beasiswa yang paling banyak diminati orang, karena telah menjadi salah satu beasiswa luar negeri dengan reputasi global. Beasiswa Pemerintahan Amerika Serikat  ini ditawarkan untuk 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa yang dialokasikan setiap tahunnya. Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola oleh  AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Kelebihan dari beasiswa ini adalah penerima diberi kesempatan untuk melanjutkan studi di berbagai kampus ternama di AS. Selain itu penerima beasiswa juga mendapat biaya kuliah gratis dan juga akan mendapatkan tunjangan buku, uang saku bulanan, asuransi dan juga tiket untuk perjalanan.

2. Beasiswa Erasmus

Beasiswa ini dikelola di Eropa. Buat kalian yang sedang memburu beasiswa untuk kuliah di Eropa, ini adalah kesempatan kalian untuk bisa kuliah di Eropa. Beasiswa ini dikelola dengan dana yang cukup besar karena telah melibatkan konsorsium di sejumlah negara. Beasiswa Erasmus + juga akan menanggung semua biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan juga asuransi kesehatan. Erasmus+ merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa untuk masyarakat luar. Ratusan jenis beasiswa juga ditawarkan melalui konsorsium yang telah dibentuk.

3. Eiffel beasiswa

Beasiswa ini berasal dari pemerintah Perancis yang hanya khusus untuk studi S2 dan S3. Beasiswa Eiffel adalah salah satu  jalan untuk kalian menggapai impian untuk bisa kuliah disana.  Beasiswa ini menawarkan kesempatan untuk studi S2 dan S3 di sejumlah universitas di Perancis. Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000euro, baik warga Prancis maupun warga asing. Biaya kuliah disana terbilang cukup murah, sehingga mereka tidak mempermasalahkannya. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan berbagai tunjangan mulai dari biaya hidup, asuransi kesehatan, akomodasi, tiket perjalanan.  Namun kalian masih tetap harus membayar biaya kuliah, namun teng saja, semua biaya kuliah sudah disubsidi oleh pemerintah perancis sehingga biayanya tidak terlalu mahal/cukup murah.

4. Beasiswa DAAD

Jerman juga menjadi salah satu tujuan utama mahasiswa untuk studi. Karena kredibilitas pendidikan di negara itu tidak disangsikan lagi. Mantan presiden RI BJ Habibie dulu juga kuliah disana. Setiap tahun beasiswa ini dibuka dan penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, perjalanan, asuransi kesehatan dan tunjangan lainnya.

Baca artikel terkait : Beasiswa Kuliah S2 Dalam Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *